Senin, 03 Oktober 2011

Nokia N97 mini - Review

Desain Nokia N97 mini


Ditilik dari segi desain, tidak ada perubahan mencolok antara Nokia N97 Mini dengan N97, kecuali ukurannya lebih kecil 4mm dari N97. Meskipun perubahan yang signifikan hanya terjadi pada sisi dimensional ruangnya, justru hal tersebut membawa efek positf bagi ponsel ini. Lebih nyaman di genggaman dan lebih ringkas dalam saku. Tidak ada sudut tajam pada ponsel ini juga menjadi nilai tambah berikutnya. Layar N97 mini memiliki resolusi sebesar 16 juta warna, dengan layar sentuh berjenis resistive. Bila dilihat dari diagonalnya, ukuran layar N97 mini menyusut 0.3” dari yang dimiliki oleh N97, yaitu dari 3.5” menjadi 3.2”. Namun, justru peningkatan aspek rasio pixelnya meningkat bila dibandingkan dengan N97 (360 x 640 pixel). Resolusi nHD memang terlihat baik untuk menampilkan berbagai gambar dan film, hanya saja untuk beberapa titik gambar kualitasnya masih kalah dengan WVGA.


Catatan Nokia N97 mini


Perlu agak sedikit kuat menekan layar saat mengakses touchscreennya.



Fitur Nokia N97 mini


 Nokia N97 mini - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Lensa optik milik Carl Zeiss yang berkapasitas 5 Mpix masih dipercaya untuk menemani ponsel ini. Untuk pengambilan gambar dengan mode macro, ponsel ini patut diacungkan jempol karena detail yang dapat diangkat terlihat nyata dan jernih. Browser yang tidak jauh berbeda dengan yang dibawa pendahulunya, cecara keseluruhan bekerja dengan baik. Tapi untuk beberapa fungsi tap, browser ini agak sulit merespon. Panning dan skrolling kinetiknya memiliki senstivitas sentuh yang cukup tinggi. Hanya dengan sentuhan tipis layar akan menggulung dengan cepat. Sementara untuk melakukan pembesaran (zoom) Anda dapat melakukan tap 2x pada layarnya.


[adsenseyu4]


Koleksi koneksi nirkabel yang dibawa N97 mini terbilang lengkap. Ragam pilihan seperti GPRS, EDGE, 3G/HSDPA dapat Anda gunakan. Hanya saja, semuanya kembali pada jaringan yang sedang tersedia saat Anda menggunakan ponsel ini. Lain halnya dengan WiFi UpnP yang selalu setia menemani Anda dalam berselancar dalam hotspot. Wifi managernya mudah digunakan dalam proses mencari dan terhubung pada jalur hotspot.


Catatan Nokia N97 mini
Bila dibandingkan dengan musik yang dimiliki oleh S60 versi 3 lainnya, seperti 5800 XpressMusic, apa yang dibawa N97 mini sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya ada penambahan kosmetik di sana–sini sehingga lebih optimal dalam fungsi.



Kinerja Nokia N97 mini


Secara keseluruhan ponsel keluaran Nokia ini menunjukan performa yang memadai. Selain itu, perubahan ukuran desain merupakan langkah cerdas yang dilakukan oleh Nokia untuk melariskan produknya di pasar. Beberapa spesifikasi memang terlihat menurun bila dibandingkan dengan yang dibawa oleh N97, namun hal tersebut tidak membuat ponsel ini menjadi kehilangan daya untuk bersaing.


Baterai berkapasitas 1200 mAh cukup memadai untuk mendongkrak tenaga ponsel ini. Saat digunakan untuk berkomunikasi selama lebih dari 2 jam, ditambah lagi dengan akses internet serta mendengarkan musik baterai ponsel ini hanya berkurang 2 bar dari kondisi penuh 4 bar.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar