Senin, 03 Oktober 2011

Nokia 5730 XpressMusic - Review

Desain Nokia 5730 XpressMusic


Mengusung desain slider, ponsel ini diluncurkan dengan menyertakan keypad QWERTY. Secara keseluruhan tampilan ponsel ini cukup elegan. Tombol navigasi musik yang disambungkan dengan frame-lite ciri khas XpressMusic masih terpasang pada seri anyar ini. Hanya saja, bodi ponsel ini terlihat gendut dan berat. Hal tersebut mengurangi kenyamanan saat menyimpannya dalam saku. Namun demikian, desain oval yang dimilikinya mantap di genggaman dan sesuai dengan ergonomis lekuk telapak tangan.
Pengujian : Menggenggam dan menyimpannya dalam saku.


Terdapat dua blok keypad pada ponsel ini, standar dan QWERTY. Keypad standarnya sangat nyaman digunakan, responsive dan empuk. Sayangnya hal tersebut tidak diikuti oleh keypad bagian dalamnya yang memiliki susunan QWERTY. Selain tidak terlalu lunak, bentuknya yang flat kadang membuat salah pengetikan.


Layar TFT sebesar 2.4 inch cukup mengakomodasi kebutuhan penampil objek. Rasio kerapatan gambar 240 x 320 pixels ternyata mampu memberikan hasil gambar yang optimal. Mesin akselerometer yang dimiliki ponsel ini bekerja cukup baik. Perpindahan sudut layarnya memang tidak otomatis. Sudut layarnya akan berpindah bila layar digerakan ke atas (slider). Keadaan yang demikian membuat ponsel ini lebih nyaman digunakan dari pada mengadopsi sistem akselerometer otomatis.


Catatan Nokia 5730 XpressMusic


Keypad QWERTY ini tidak membuat tombol penggerak atas-bawah-kiri-kanan. Jadi, untuk menggeser pointer Anda harus menggunakan tombol navigasi 4 arahnya yang terletak di bawah layar. Agak merepotkan dan tidak praktis. Saat terkena sinar matahari objek di balik layar menjadi buram dan sulit dikenali.



Fitur Nokia 5730 XpressMusic


 Nokia 5730 XpressMusic - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Pemutar musik adalah killer-feature ponsel ini. Detail suara yang dihasilkan oleh ponsel ini sangat baik. Komponen yang membentuk suaranya cukup proporsional. Equalizer yang membentuk keutuhan suaranya pun terbilang apik. Bass bosster dan stereo widening pun turut meramaikan khasanah variabel suara XpressMusic ini. Kualitas suara yang membahana ditopang dengan kehadiran speaker stereo menjadikan ponsel ini layak dipilih saat mencari ponsel musik.


Meskipun hanya berbekal 3.2 Megapixel, namun kualitas lensa Carl-Zeiss nya patut diacungkan jempol. Saat digunakan untuk menangkap objek, kamera ponsel ini langsung merespon dengan cepat. Autofocusnya akan membantu memperoleh hasil yang jernih dan terpusat. Ketika hasil jepretan kamera ini dipindahkan ke layar komputer (pengolah gambar) detail warnanya terlihat tajam.


[adsenseyu4]


Koleksi sambungan nirkabel pada ponsel ini cukup lengkap. Untuk bersalaman dengan sesama peranti digital, Anda dapat menggunakan Bluetooth. Aksesnya pun sangat mudah dan cepat. Sementara untuk urusan lintas dunia maya, Anda dapat memanfaatkan GPRS atau 3G nya yang memiliki speed-rate hingga 3.2 Mb. WiFi pun tersedia pada ponsel ini.


Catatan Nokia 5730 XpressMusic
Ponsel ini membawa sistem operasi Symbian seri 60 dengan versi release 3.2. Sistem operasi ini cukup memberikan kenyamanan saat digunakan. Selain itu, penanganan terhadap data dan PIM juga baik. Bagi Anda yang telah biasa menggunakan ponsel keluaran Nokia, pastinya tidak akan asing dengan sistem operasi ini.X



Kinerja Nokia 5730 XpressMusic


Untuk penggunaan multimedia seperti musik dan kamera Nokia 5730XpressMusic memiliki performa yang sangat baik. Kendala terbesar ponsel ini adalah desain slidernya yang tidak bebas bergerak serta tombol shutter yang sulit dijangkau oleh jari.


Baterai Li-Ion berkapasitas 1000 mAh (BL-4U) diklaim oleh pihak pengembangnya mampu bertahan hingga 5 jam waktu bicara dengan waktu stand-by 270 jam. Sementara untuk memutar musik, ponsel ini mampu bertahan hingga 25 jam. Pada kenyataannya, ponsel ini mampu bertahan selama 2 hari penuh dengan penggunaan maksimal.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar