Senin, 03 Oktober 2011

Nokia C7 - Review

Desain Nokia C7


Dibandingkan N8, tampilan C7 lebih elegan. Terutama sisi depannya yang berbahan chrome silver glossy. Beda dengan N8 yang berbahan kesat. Bodi belakang C7 sebagian berbahan plastik, sedangkan casing penutup baterai berbahan metal. Lekukan bodi C7 terlihat lebih ergonomis, cenderung lebih feminim ketimbang N8 yang terkesan macho. C7 agak lebih ramping (beda 2,2 mm lebar) dan lebih tipis (beda 2,4 mm), ketimbang B8. Bobotnya juga lebih ringan 5 gram, tapi tetap saja beratnya yang 130 gram terasa berat digenggaman. Layar C7 sama tajamnya dengan N8. Masih berdaya AMOLED 16,7 juta warna 640 x 360 pixels. Juga masih menyuguhkan 3 Homescreen yang masing-masing bisa diisikan widget atau shortcut menu, yang ditata dalam 6 baris kotak. Untuk berganti tiap homescreen cukup usap ke kanan/kiri, wallpaper pun ikut berubah. Layar sentuhnya juga bersifat capacitive, yang lebih peka sentuhan jari. Bodi C7 dihiasi dengan tombol volume, lock layar dan kamera di sisi kanan. Di bodi atas diletakkan tombol On/Off, lubang Jack 3,5 mm dan port MicroUSB (kabel data,charger). Slot memori eksternal diletakkan di balik baterai, merepotkan jika melepas atau memasang kartu MicroSD. Salah satu fitur yang dipangkas di C7 yaitu port HDMI plus suara Dolby Digital Plus. C7 hanya mendukung TV Out biasa. Selain itu, baterai di C7 bisa dilepas, sedangkan di baterai N8 menyatu dengan bodi. Port MicroUSB mendukung USB On The Go, untuk mengenali USB Flashdisk.


Catatan Nokia C7


slot Micro SD mendukung hingga kapasitas 32 GB. Dan memori internalnya sendiri berkapasitas 8 GB (setengah lebih kecil dibandingkan N8).



Fitur Nokia C7


 Nokia C7 - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Bila N8 berkamera 12 megapixels, kamera di C7 ‘cuma’ berdaya 8 megapixels. Kamera dilengkapi Quality, Location, Close Up, Landscape, Sport, Night, Face Detection, Self Timer, Color Tone, White Balance, Exposure, ISO, Contrast, Sharpness dan Digital Zoom. Tapi tanpa Xenon Flash, hanya Dual Led Flash. Juga tidak ada autofocus, dan lensa optiknya bukan Carls Zeis. Tapi kamera C7 masih sanggup merekam video HD (720p).


Akses Facebook dan Twitter disatukan dalam satu fitur ‘Social Networking’. Untuk menggunakan ‘Social Networking’ harus log in dengan akun Ovi, lalu log in ke Facebook dan Twitter. Bisa melakukan update status untuk Facebook dan Twitter sekaligus. Akses internet di C7 tidak kalah dengan N8, juga mendukung hingga kecepatan HSDPA (10,2 Mbps)/HSUPA (2 Mbps). Juga disiapkan koneksi WiFi. Browsernya mendukung Flash, dan bisa membuka beberapa situs sekaligus.


[adsenseyu4]


Serupa dengan N8, C7 juga menyajikan fitur WebTV. Di sini bisa akses saluran TV secara online, seperti CNN, National Geographic, Movie Treasures, E! dan lainnya. Bisa mendapatkan siaran program TV lainnya, caranya dengan mencari di Ovi Store, dan tinggal download.


Seperti biasa, GPS yang tertanam di ponsel Nokia, termasuk C7, ditemani peta digital Ovi Maps. Di sini bisa ditampilkan peta digital lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia. Juga dilengkapi fitur petunjuk rute jalan plus panduan suara gratis, tinggal tentukan lokasi awal dan tujuan. Fitur lainnya yaitu My Position (lokasi berada), Search (mencari lokasi tertentu), share location (memberi tahu lokasi, bisa via Facebook), Favorite (menyimpan lokasi favorit), dll. Tampilan Ovi Maps bisa dilihat secara 3 dimensi.


Catatan Nokia C7
Tidak lupa disiapkan PhotoEditor dan Video Editor (membuat video dari potongan foto/video). C7 juga menyediakan kamera sekunder berdaya VGA, untuk Video Call, memotret dan merekam video.



Kinerja Nokia C7


Secara keseluruhan kinerja C7 tidak berbeda dibandingkan N8, terasa cepat dan responsif. Beberapa fitur yang dikurangi kekuatannya, mungkin dirasa tidak masalah. Toh kekuatan yang ada masih dirasa cukup tinggi. Sayangnya C7 juga belum juga membawa perbaikan pada tampilan menu utamanya yang terlihat kurang beranimasi.


Sama seperti N8, C7 juga dibekali baterai berdaya 1.200 mAh. Jika digunakan untuk memutar video HD, bisa bertahan hingga 6.5 jam. Jika untuk merekam video HD, bisa mencapai 3.8 jam (asalkan memori juga memadai). Dan jika untuk memutar lagu saja, bisa selama 54 jam.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar