Senin, 03 Oktober 2011

Nokia N900 - Review

Desain Nokia N900


Tablet internet ini terkesan bongsor dan berat, meski sudah lebih kecil dibanding pendahulunya, N810. Material dari plastik berwarna hitam dof di bagian belakang dan agak glossy di permukaan depan tentu kombinasi menawan dari desain yang sederhana, meski terkesan konservatif ini. Permukaan depan yang licin memang sangat riskan sidik jari, tapi tidak di bagian lainnya. Kinerja engsel gesernya sangat baik, mulus tanpa hentakan. Stylus tersembunyi di belakang body sebelah bawah. Pada kedalaman 65 ribu warna dengan resolusi 800x480 pixels, N900 mampu menampilkan gambar cemerlang. Kadar keterbacaan di bawah sinar matahari begitu memukau, mendekati yang terbaik di kelasnya. Sensitivitas layar sentuh resistive 3,5 inchi-nya lebih dari ala kadarnya. N900 memerlukan sedikit tekanan untuk sebuah ketukan agar terdeteksi. Keyboard geser N900 terdiri dari 3 layout alfanumerik yang terintegrasi dengan tombol 4 arah di sisi kanan. Tiap tombol melayani 2 atau 3 simbol sekaligus. Tombol Alt dan Shift sangat banyak digunakan. Bagusnya, terdapat numpad virtual pada layar sehingga tidak perlu menggeser keyboard qwerty hanya untuk menelepon


Catatan Nokia N900


Seluruh menu ditampilkan dalam posisi landskap, kecuali fungsi dialing dan game Balok.



Fitur Nokia N900


 Nokia N900 - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Geser katup lensa belakang dari posisi menu apapun akan langsung standby ke pengambilan gambar. Hal ini berlaku juga walau tombol dan layar ponsel dalam keadaan terkunci. Memang tidak ada tombol pintas khusus kamera, tapi sensitivitas katup jauh efektif ketimbang shortcut. Hasil jepretan kamera 5 Mpix-nya sangat baik. Kualitas gambar tertingginya mencapai 2576 x 1936 pixels.


Inilah fitur unggulannya, asal muasal sebagai tablet internet merupakan alasan terbaik. Aplikasi berbasis Mozilla menawarkan pengalaman berbeda untuk ponsel, mirip browsing di desktop. Tercantum visual history, form-filling otomatis, dan shortcut Google Search untuk kenyamanan maksimal.


[adsenseyu4]


Karena jelajah internet menjadi hal utama, konektivitas memang harus baik. Sistem koneksi yang ada antara lain USB 2.0 dan Bluetooth 2.1 dengan A2DP. Akses Wi-Fi menjadi paling penting.


Tipe ini hadir dengan built-in GPS receiver yang cukup sensitive. Dapat mencari posisi pengguna dengan cepat, bahkan di dalam ruangan sekalipun. Akan semakin akurat bila posisi kita di luar ruangan. Layar beresolusi tinggi sangat baik ketika dipakai untuk navigasi. Perlu diingatkan, kalau Ovi Maps yang terinstal tidak mendukung pengarahn audio, tapi proses routing dan tracking disediakan gratis.


Catatan Nokia N900
Pelindung kamera berfungsi layaknya shortcut. Hal ini berlaku dari menu apapun tanpa menutup aplikasi yang sedang berjalan sebelumnya.



Kinerja Nokia N900


Secara keseluruhan, kinerja Nokia N900 sangat baik. Respon layar sentuh yang memukau. Anda tidak perlu menunggu sama sekali saat membuka aplikasi apa saja. Segala fitur yang telah terpasang atau kita unduh sendiri dari aplikasi manager, berjalan sangat baik. Baik sebagai alat telekomunikasi, tablet internet, perangkat audio maupun video, N900 mampu melakukan semuanya dengan baik, bahkan sangat baik untuk kasus jelajah internet.


Berapapun kapasitas muatan baterai yang disediakan Nokia, akan selalu terasa kurang. Pasalnya, dengan prosesor mumpuni dan tampilan layar lebar, baterai akan cepat terkuras. Dalam uji coba Selular, baterai N900 sudah minta diisi ulang selang satu hari saja. Padahal, baterai lithium ion-nya bermuatan 1320 mAh. Menurut penghitungan vendor, N900 dapat siaga hingga 10 hari dengan waktu bicara 4,5 jam non-stop.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar