Senin, 03 Oktober 2011

Nokia 6303 Classic - Review

Desain Nokia 6303 Classic


Tampilannya memang benar-benar bar klasik khas Nokia. Dipadu dengan penggunaan material yang bagus, yang menampilkan warna metalnya, ponsel ini memang punya kelas tersendiri. Ukurannya standar ponsel bar modern, yang enak digenggam dan dioperasikan. Luas layarnya amat nyaman untuk mata, dengan komposisi bentuk yang agak memanjang ke bawah. Menggunakan layar jenis TFT berkapasitas 16 juta warna. Tombol keypad alpha numericnya cukup besar dan nyaman bagi jari. Rancangan keypad juga baik, sehingga tak ada tombol yang terkesan longgar. Tombol pun menggunakan bahan yang lembut saat ditekan. Hanya ruang keypad yang sedikit terlalu bawah, agak menyulitkan jari saat menekan tombol.


Catatan Nokia 6303 Classic


Tombal tolak panggilan tak lagi berfungsi ganda sebagai tombol mengaktifkan ponsel. Tombol aktifkan ponsel diletakkan di bagian atas ponsel.



Fitur Nokia 6303 Classic


 Nokia 6303 Classic - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Kualitas kamera termasuk baik untuk kelas ponsel ini. Kamera yang dibenamkan di ponsel ini sudah dilengkapi dengan bidang fokus yang sangat membantu untuk menghasilkan fokus obyek yang tajam. Hasil fotonya mampu menampilkan keseimbangan warna yang bagus. Hanya perlu dicatat, cara kerja kameranya sedikit tak lazim. Ketika tombol shutter ditekan, kamera tak langsung menangkap obyek, tapi mencari fokus dulu. Kamera baru merekam obyek saat jari dilepas dari tombol shutter. Ini kadang membuat pengguna tak sadar mengalihkan kamera sebelum obyek terekam.


Pemutar Musik mampu memutar file audio dengan format MP3 dan AAC. Dilengkapi dengan equalizer yang memiliki pilihan default serta setting manual. Kualitas suaranya di atas rata-rata. Speaker yang dipasang pada setelan stereo widening memang mampu menghasilkan suara yang jernih dan seimbang.


[adsenseyu4]


Fasilitas berkirim pesannya lengkap. Mulai dari SMS hingga email, bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan. Teks message dilengkapi fasilitas insert aneka file, semacam foto, picture, musik, kalender, video klip, dan sebagainya. Teks message mampu menampung seribu karakter dalam satu pesan –dengan catatan, pengiriman tetap per 160 karakter.


Konektivitas dilengkapi dengan bluetooth sebagai sarana transfer data secara nirkabel. Kinerjanya lumayan bagus, mampu mengirim file sebesar 3,5 MB dalam waktu sekitar 53 detik. Bisa koneksi ke berbagai bluetooth device lain tanpa problem. Sarana transfer data lain adalah kabel data jenis micro USB.
Pengujian: Transfer filelewat bluetooth


Catatan Nokia 6303 Classic
Untuk OVI mail, harus menginstall aplikasi OVI terlebih dahulu



Kinerja Nokia 6303 Classic


Kinerja ponsel ini lumayan baik. Start up berlangsung lancar, mulai dari saat tombol aktif ditekan hingga tampilan menu muncul, hanya butuh waktu sekitar 12 detik. Namun pada saat membuka menu, maupun prosesing data, sedikit ada jeda. Kualitas suara dan sinyal cukup bagus. Fitur-fitur lain, termasuk koneksi internet, berjalan lancar –dan didukung proxy setting.


Menurut keterangan pabrikan, baterai jenis Li-Ion kapasitas 1050 mAh ini mampu mendukung waktu siaga hingga 450 jam dan waktu bicara hingga 7 jam. Namun dalam pengujian, konsumsi baterai terlihat agak boros dibanding klaim pabrikan. Terutama bila digunakan untuk memutar musik ataupun rekam video.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar