Senin, 03 Oktober 2011

Nokia 2220 - Review

Desain Nokia 2220


Bentuknya mengambil patron slider klasiknya Nokia, yang didominasi dengan kurva lengkung pada sudut-sudutnya. Tampilannya menarik, warna merah muda dengan permukaan glossy. Dipadu dengan backcover warna hitam kusam (dof), yang tak hanya memunculkan kesan elegan, tapi juga menolong untuk mempererat genggaman (tidak licin). Struktur rancangan lumayan kokoh dengan paduan material yang juga bagus. Layar menggunakan TFT dengan kedalaman 65 ribu warna. Kapasitas seperti itu cukup untuk memberikan tampilan layar yang terang dan cukup halus –bintik pixel tak begitu kentara. Di bawah cahaya matahari langsung juga masih bisa menampakkan tampilan yang jelas. Jajaran keypad alpha numericnya berada di folder bawah, akan muncul begitu folder digeser ke bawah.


Catatan Nokia 2220


Ukuran layar termasuk kekecilan. Ini agak mengurangi kenyamanan mata saat melihat tampilan layar. Hanya tersedia dua port, yang letaknya ada di bagian atas ponsel. Satu untuk port gabungan charging, satunya lagi untuk port audio dari jenis jack 3,5 mm. Keberadaan port audio itu memberi nilai tambah tersendiri bagi ponsel ini.



Fitur Nokia 2220


 Nokia 2220 - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Hasil foto yang didapatkan hanya sekadarnya. Namun sah-sah saja, mengingat ponsel ini memang masuk kelas pemula. Fasilitas pengaturan kamera dan image juga sangat terbatas, hanya ada moda malam, self timer dan pemotretan beruntun (sequence). Sama dengan fungsi foto, fungsi perekam videonya juga terbatas. Mulai dari kecilnya resolusi maksimal yang bisa direkam, hingga minimnya pengaturan untuk mengoptimalkan hasil rekam video. Bahkan nyaris tak ada sama sekali.


Ponsel ini dilengkapi dengan pemutar audio, yang bisa memainkan file MP3 dan AAC. Kinerja pemutar musiknya sendiri lumayan oke, dengan nilai tambah pada port headset berukuran 3,5 mm. Ini memungkinkan Anda memasang headset dri luar yang lebih bagus.


[adsenseyu4]


Nokia Life Tools adalah aplikasi andalan Nokia yang didedikasikan untuk serial kelas bawahnya. Aplikasi berbasis SMS ini merupakan terobosan Nokia untuk memberdayakan kalangan petani yang membutuhkan berbagai informasi mengenai harga pasar produk pertanian dan informasi cuaca. Meski bisa juga dibenamkan di ponsel kelas atas, aplikasi ini memang dititik beratkan untuk segmen market bawah.


Catatan Nokia 2220
Kendala keterbatasan ruang simpan membuat ponsel ini tak optimal sebagai perangkat pemutar musik.



Kinerja Nokia 2220


Secara keseluruhan, Nokia 2220 memiliki kinerja yang memuaskan. Semua aplikasi yang ada di dalamnya berjalan lancar. Meskipun, ada aplikasi yang prosesingnya membutuhkan waktu lebih lama. Sebagai ponsel kelas bawah, sebenarnya fitur yang dimiliki sudah standar. Namun mengingat ponsel sekelas banyak yang dilengkapi bluetooth, ketiadaan aspek konektivitas, termasuk bluetooth, sangat disayangkan.


Baterai jenis lithium ion berkapasitas 860 mAh, menurut pihak vendor mampu memberi suplai tenaga untuk mengoperasikan ponsel selama 5 jam lebih, dengan waktu siaga hingga 480 jam. Dari hasil pengujian, konsumsi baterai memang terlihat hemat. Dengan pemakaian yang intens, tenaga baterai tak cepat terkuras.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar