Senin, 03 Oktober 2011

Nokia N8 - Review

Desain Nokia N8


Desain N8 terlihat memanjang, dengan bodi lebih ramping dibandingkan ponsel berlayar luas lainnya. Sisi layar berlapis plastik glosy, sedangkan sekujur bodi lainnya berbahan alumunium kesat. Sisi kanan N8 disematkan tombol volume, lock layar dan kamera. Di samping kiri ada slot MicroSD (memori eksternal), slot SIM card dan port MicroUSB (kabel data,charger). Dan di bodi atas diletakkan tombol On/Off, lubang Jack 3,5 mm dan port HDMI. Seperti OS lainnya, Symbian^3 juga menyuguhkan Homescreen (ada 3) yang cukup diusap ke kanan/kiri untuk menggantinya. Tiap Homescreen disediakan 6 kotak untuk diisikan widget atau shortcut. Layar N8 berteknologi AMOLED sehingga terlihat tajam. Layar sentuhnya bersifat capacitive, jadi lebih peka sentuhan jari. Hadirnya port HDMI (High-Definition Multimedia Interface) yang tersemat di bodi atas berfungsi menghubungkan N8 dengan TV. Yang membuat video yang tampil di TV terlihat tajam, dan mendukung hingga resolusi 720p HD. Plus dilengkapi teknologi suara Dolby Digital Plus sehingga serasa memiliki home theatre sendiri. Di paket penjualannya disertakan kabel adapter HDMI. Serta kabel USB On The Go yang memungkinkan N8 terhubung dan dapat membaca USB Flashdisk.


Catatan Nokia N8


N8 hanya menyediakan kabel adapter HDMI, untuk kabel TV Out dibeli terpisah. Juga disertakan kabel USB On The Go. Untuk masuk ke menu utama disediakan tombol menu di bawah layar.



Fitur Nokia N8


 Nokia N8 - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

N8 dibekali kamera 12 Mpix berlensa Carl Zeis. Didukung fasilitas komplet, seperti Autofocus, Xenon Flash, Quality, Location, Close Up, Landscape, Sport, Night, Face Detection, Self Timer, Color Tone, White Balance, Exposure, ISO, Contrast, Sharpness dan Digital Zoom. Ada fasilitas Video Stabilisation khusus untuk merekam video. Juga disertakan Photo Editor berfasilitas pengeditan lengkap. Juga ada Video Editor untuk membuat video dari potongan foto dan klip video.


Ada fitur ‘Social Networking’ untuk menyatukan beberapa aplikasi jejaring sosial. Tapi baru ada aplikasi Facebook dan Twitter. WebTV menjadi fitur baru yang dihadirkan N8. Di sini bisa akses saluran TV, seperti CNN, National Geographic, Movie Treasures, E! dan lainnya. Untuk bisa mendapatkan siaran program TV lainnya, bisa dicari di Ovi Store.


[adsenseyu4]


Untuk urusan musik, N8 disuntikkan teknologi Dolby Digital Plus Surround. Efeknya suara lagu terdengar nyaring dan jernih. Nokia juga menyediakan layanan Come With Music, untuk bisa mendownload 4 juta lagu yang disiapkan. Music Player dilengkapi fitur Shuffle, Repeat, Equaliser, Balance, Loudness dan Stereo Widening. Untuk berganti lagu cukup usap tampilan Album Art. Juga disediakan fitur FM Radio.


Akses internet di N8 bisa hingga kecepatan HSDPA (10,2 Mbps). Atau via koneksi WiFi. Browser yang mendukung Flash, bisa membuka beberapa situs sekaligus. Untuk akses email disediakan fitur Nokia Messaging yang mendukung berbagai akun email. Meski bergenre hiburan, tapi N8 tetap menyertakan beberapa fitur perkantoran. Seperti Quick Office untuk ‘mengolah’ file Word, Excel, Power Point. Tapi sayangnya belum bersifat full version. Jadi kemampuannya sebatas membuka file Office.


Catatan Nokia N8
Hanya butuh 1 detik untuk menghasilkan foto. Daya tangkap kamera saat merekam juga cepat (25 fps). Soal akses internet, lebih baik menggunakan akses WiFi agar menonton acara TV di WebTV lebih lancar. Untuk keperluan office, fitur Quick Office sudah mendukung Microsoft Office 2007



Kinerja Nokia N8


Kinerja dari Symbian^3 dalam mengaktifkan berbagai fitur dirasa cepat dan responsif. Sayangnya dari sisi tampilan user interface terlihat kurang beranimasi, dan tidak beda dari seri Symbian terdahulu. Berbekal baterai berdaya 1.200 mAh, Nokia N8 sanggup bertahan selama : 50 untuk memutar lagu, 6 jam untuk menonton video HD, 3.5 jam merekam video dan 2,5 jam video call.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar