Sabtu, 24 September 2011

Nexian NX-A890 Journey - Review

Desain Nexian NX-A890 Journey


Desain Nexian Journey berwarna putih berbahan plastik biasa, yang dihiasi aksen warna merah metalik glossy (mengkilap) di sekeliling bodi samping dan atas-bawah. Meski agak memanjang, tapi lebar tubuh ponsel ini standar, tidak lebar dan tidak terlalu tebal, sehingga masih nyaman digenggam. Di sisi bawah bagian depan terlihat tombol Call dan End Call yang mengapit tombol akses menu berjenis Trackball. Ponsel ini mengadopsi layar touchscreen capacitive, terdapat 5 homescreen yang bisa dijejali berbagai shortcut, widget dan folder. Untuk membuka layar sentuh yang terkunci tidak disediakan tombol virtual Lock, melainkan dengan menekan tombol Option. Di bodi kiri disematkan port MicroUSB yang sebagai jalur masuk kabel data dan charger. Saat terhubung ke komputer via kabel data, ponsel ini bisa berubah fungsi menjadi USB mass storage, modem eksternal atau PC Sync (sinkronisasi). Ada juga lubang Jack 3,5 mm untuk menancapkan headset. Untuk port memori eksternal berjenis MicroSD, terletak di balik casing belakang tapi tidak sampai di bawah baterai. Jadi tidak perlu mematikan ponsel untuk mencopot dan memasukan MicroSD.


Catatan Nexian NX-A890 Journey

Bila dibandingkan dengan ponsel Android lainnya, tombol Trackball di Nexian Journey terasa agak lebih kasar pergerakannya. Saat terkoneksi ke komputer, akan muncul file instalasi software PC Connection, jadi tidak perlu menggunakan CD instalasi, meski disertakan.



Fitur Nexian NX-A890 Journey


 Nexian NX-A890 Journey - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Journey mendukung kecepatan akses internet HSDPA (7,2 Mbps). Bahkan bisa juga selancar ke dunia maya via hotspot WiFi. Untuk Zoom In/Out tampilan situs di browser, bisa dengan cara mencubit layar, atau bisa juga menyentuh tombol virtual Zoom di layar. Browser bisa membuka beberapa situs sekaligus. Tampilan situs-situs tersebut bisa dijejerkan dalam satu tampilan layar. Untuk imaging, Journey disematkan resolusi berdaya 5 megapiksel, yang ditemani fitur Quality, White Balance, Effect, Flash dan Digital Zoom.


Google Maps menjadi salah satu fitur andalan di ponsel ini. Kinerjanya didukung GPS Receiver. Jadi bisa bernavigasi real time di jalan via fitur Direction di Google Maps. Selain itu ada fitur Search (cari lokasi), My Location (lokasi berada), Latitude (share lokasi), Latitude dan Layer (traffic, satellite, buzz). Ponsel ini juga menyiapkan aplikasi GPS Tracker untuk mencatat data perjalanan (GPS time, tracking distance, moving speed, Tracker, POIs).


[adsenseyu4]


Catatan Nexian NX-A890 Journey
Jika tidak mengakses internet, lebih baik matikan jalur akses internet, karena Android bisa bersifat menarik data internet secara otomatis. Tampilan untuk melihat foto kurang beranimasi. Foto bisa di-Zoom dengan cara double tap, bisa juga diupload ke situs Picasa. Anehnya foto tidak bisa di-share via Bluetooth. Untuk hiburan hanya tersedia pemutar musik, tak ada games dan FM radio.



Kinerja Nexian NX-A890 Journey


Meski Android di Nexian Journey masih berversi 1.6 tapi kinerja menjalankan berbagai fitur yang ada secara umum dinilai baik. Sedikit hambatan terjadi saat melakukan download dan video streaming via jaringan operator (menggunakan IM3), berjalan sangat lambat, bahkan gagal. Tapi bisa jadi karena masalah pada jaringan operator. Saat mencoba berbagai fitur yang ada, baterai jenis Lithium Ion berkapasitas 1230 mAh mampu menyokong kinerja ponsel ini kurang lebih selama seharian.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar