Minggu, 25 September 2011

HTC ChaCha - Review

Desain HTC ChaCha


Smartphone ChaCha besutan HTC menggabungkan dua tipe handphone yang sedang populer saat ini, qwerty dan touch screen. Untuk mengetik dan sebagai shortcut beberapa fitur ada di kendali qwerty. Sedangkan navigasi utama diatur oleh layar sentuh-nya. Hebatnya lagi, keduanya berfungsi secara sempurna. Keypad qwerty-nya empuk di jari dan agak renggang satu sama lain, memudahkan saat mengetik teks. Layar sentuh capacitive-nya cukup responsif. Desain ChaCha cukup unik. Kontur tubuhnya melengkung ke belakang, sekilas terlihat seperti handphone yang bengkok. Desainnya adalah sebuah nilai plus bila ditilik soal tingkat kenyamanan saat dikantung atau digenggam. Ia mengikuti bentuk telapak tangan pengguna, juga bentuk paha saat di kantung celana. Sudut pandang mata ke layar juga jadi lebih asik. Refleksi cahaya matahari maupun lampu jadi berkurang dibanding handphone lain yang bentuknya rata.


Catatan HTC ChaCha


Karena harus berbagi dengan keypad, icon dan tulisan di layar jadi terlihat lebih kecil daripada Android full touchscreen biasa.



Fitur HTC ChaCha


 HTC ChaCha - Review, ponsel, handphone, hp, seluler

Secara fitur, Chacha tidak terlalu jauh dari smartphone Android lain. Ia miliki fitur Gtalk dan Gmail embedded. Tentu pengguna Android tahu bahwa memiliki akun Google adalah nilai lebih saat menggunakan smartphone dengan sistem operasi ini. Akses ke layanan pasar aplikasi Android Market adalah vital bagi Android, dan untuk mengaktifkannya kita menggunakan akun Google. Namun ini tidak berarti anda tidak bisa menyimpan akun email selain Gmail.


Dibawah jajaran keypad anda akan menemukan tombol dengan logo jejaring sosial terkemuka Facebook. Tombol ini adalah senjata utama ChaCha. Memencet tombol “f” pada homescreen atau menu utama, mengantar kita pada kotak teks untuk langsung mengetik status Facebook terbaru. Kalau memencet “f” saat membaca suatu artikel internet di ChaCha, otomatis akan meng-link halaman artikel tersebut untuk di-posting ke akun facebook.


Facebook juga terintegrasi pada berbagai fitur multimedia ChaCha. Kita bisa langsung share lagu yang sedang didengarkan di handphone hanya dengan memencet “f” waktu mendengar musik. Begitu juga ketika Anda menonton video, dengan memencet “f”, ChaCha akan meng-upload video tersebut ke Facebook Anda.


Catatan HTC ChaCha
ChaCha tidak menggunakan konsep hotswap, untuk memasang dan melepas kartu memori harus melepas baterai.



Kinerja HTC ChaCha


Di saat smartphone Android kelas atas sudah menggunakan prosesor dual core 1Ghz, ChaCha masih nyaman dengan prosesor 800 mHz. Tapi ini bukan berarti daya pikir ChaCha menjadi lemot. Kami mencoba beberapa aplikasi sekaligus seperti audio player, browser dan download aplikasi dari Market, smartphone tetap bekerja dengan sempurna.


Kualitis fitur imaging-nya bolehlah diadu. Kameranya berkekuatan 5 Mpix dan untungnya dilengkapi dengan flash, jadi tak usah takut ambil gambar dalam cahaya redup. Ia juga punya kamera depan dengan kualitas VGA, dengan download beberapa aplikasi so pasti kita bisa melakukan video call. Selain foto, hasil video yang dihasilkan ChaCha cukup lumayan. ChaCha ditenagai baterai Lithium ion 1250 mAh. Pada uji coba, waktu siaga dapat bertahan sampai seharian penuh, dengan kondisi pemakaian minimum.


sumber : selular.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar