Senin, 12 Desember 2011

Ketika Ibu Rumah Tangga 'Bersenjatakan' Kamera

PictFest 2011 hari kedua makin meriah. Dalam ajang yg digelar di fX LifeStyle X'enter, Sudirman, Jakarta, terlihat para pecinta fotografi berbondong-bondong mendatangi venue. Acara dibuka dgn talk show fotografi jurnalistik oleh AntaraFoto, sedang di lantai berlainan diadakan workshop oleh Picture Me.

Yg menarik dalam PictFest, selain bisa mendatangi berbagai booth dan mengikuti acara-acara komunitas, pengunjung juga bisa menikmati karya-karya foto yg dipajang di tiap lantai.

Salah satu peserta yg menggelar pameran ini adalah sekelompok wanita yg tergabung dalam proyek 'Mata Kami' yg diampu oleh Marrysa Tunjung Sari.

Bertempat di f1, berbagai foto apik dipajang di sini dgn beberapa tema oleh wanita-wanita yg sebagian berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Dikatakan oleh Delin Haryati, salah satu dari pemilik foto, bahwa ia mulai belajar fotografi sejak setahun lalu. Dalam kesempatan ini, ia mengambil tema BW dalam karya-karyanya. Sedang Elvira Sofianti dalam hasil jepretannya lebih menonjolkan warna-warna yg mencolok.

Diakui oleh keduanya bahwa belajar fotografi menimbulkan dampak-dampak positif bagi mereka dan teman-temannya. "Sejak belajar fotografi, kami bisa memandang hidup dengan lebih berbeda. Kami jadi peka terhadap lingkungan dan lebih mensyukuri hidup, "tutur Delin.

Elvira menambahkan bahwa dengan terjun ke dunia ini, piranti laptop di rumahnya tak hanya buat ngegame anak. Laptop? Ya benar.

"Sekarang laptop tidak cuma untuk bermain game anak saya, karena sekarang saya bisa memakainya utk mengedit foto lewat Photoshop," ujarnya, ramah.

Sejak dua hari lalu fX memang dipenuhi oleh foto-foto karya berbagai komunitas. Selain "Mata Kami", komunitas fotografi iPhone yg tergabung dengan iPhonesia turut unjuk gigi. Tak mau kalah, komunitas foto yg memakai ponsel berbasis Android turut meramaikan acara. Komunitas ini menamakan dirinya FotoDroid.

Di hari kedua, Sabtu (10/12/2011), PictFest 2011 dipadati dengan workshop oleh Kamera Lubang Jarum, iPhonesia, Indonesia Geographic, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar