Rabu, 14 Desember 2011

TV QD, Bisa Digulung dan Dibawa ke Mana Saja

Layar televisi yg sangat tipis, bahkan digulung sehingga bisa dibawa ke mana-mana, akan segera menjadi kenyataan. Ilmuwan di Inggris mengembangkan bahan kristal penghasil cahaya baru yg dikenal sebagai quantum dots (QD). Bahan ini bisa digunakan utk memproduksi TV super tipis.

Saking tipisnya, bahan kristal yg dikembangkan para ilmuwan itu disebut-sebut 100 ribu kali lebih kecil dibandingkan rambut manusia. Kristal ini juga bisa dicetak di lembaran plastik fleksibel utk memproduksi display setipis kertas yg bisa mudah dibawa.

Karena setipis kertas, seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (14/12/2011), layar TV ini bahkan bisa juga dijadikan wallpaper dinding utk menciptakan layar raksasa seukuran sebuah ruangan.

Para ilmuwan yg mengembangkannya berharap, TV QD pertama bisa segera tersedia di pasaran akhir tahun depan. Sementara utk versi TV QD yg lebih fleksibel diperkirakan masih membutuhkan waktu setidaknya tiga tahun lalu utk mendarat di pasar.

"Kami bekerja sama dgn sejumlah perusahaan elektronik Asia. Produk pertama yg datang ke pasar menggunakan teknologi QD akan menjadi generasi terbaru TV layar datar," kata Michael Edelman salah satu ilmuwan dari Manchester University yg turut dalam pengembangan jenis layar ini.

Disebutkannya, keuntungan nyata dari QD adalah bahan ini bisa dicetak di lembaran plastik yg bisa digulung. Keunggulan ini menjadikan sebuah gadget yg menggunakan layar QD akan menjadi sangat portabel dan personal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar