Kamis, 15 Desember 2011

iPad Direstui Jadi eBook Pilot

Permintaan American Airlines utk membekali para pilot dgn iPad mendapat persetujuan dari regulator. Hal ini merupakan kelanjutan dari ijin yg dikeluarkan Federal Aviation Administration dalam proyek uji coba di Executive Jet Management beberapa bulan lalu.

Atas persetujuan ini, maka alih-alih harus berurusan dgn dokumen-dokumen lawas, para pilot akan dibolehkan utk memakai eBook dalam bentuk iPad saat menjalankan tugasnya.

Dilaporkan, iPad yg akan diberikan pada para pilot akan dibekali dgn file-file yg dibutuhkan pilot selama menerbangkan pesawat, seperti tata cara penerbangan manual serta electronic chart.

Pemberian komputer tablet pada para pilot American Airlines bukannya tanpa alasan. Langkah ini diprediksi akan menghemat biaya pengeluaran pihak maskapai hingga USD 1,2 juta per tahun. Langkah ini pun dinilai bisa meningkatkan keamanan selama penerbangan.

"Dgn memakai electronic chart dan manual, keamanan dan efisiensi di penerbangan bisa ditingkatkan. Baik iPad 1 maupun iPad 2, keduanya telah disetujui," ujar seorang sumber yg dikutip dari TechRadar, Rabu (14/12/2011).

Tak hanya American Airlines (AA), maskapai penerbangan lain juga diberitakan ikut melirik potensi di atas seperti United, Alaska dan UPS. Namun tidak seperti AA, maskapai-maskapai ini masih menunggu datangnya persetujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar