Jumat, 04 September 2009

DAK BIDANG PENDIDIKAN SUMENEP TAHUN 2009 MENCAPAI RP. 19 MILYAR

Setelah saya memposting tentang sejarah sumenep, maka saat ini juga
sebagai blogger dari sumenep saya juga akan memposting berita – berita tentang sumenep dengan mengambil literatur dari beberapa website yang di kelola di kota sumenep. Siapa tahu ini bisa bermanfaat bagi warga sumenep yang berada di perantauan agar mengetahui perkembangan informasi tentang daerah asalnya dan siapa tahu bisa menambah jumlah pengunjung blogku. … he … he. ..hee

Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Kabupaten Sumenep 2009 meningkat tajam, jika dibandingkan tahun 2008. Pada tahun ini, kucuran dana DAK dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 17 milyar lebih, sedangkan pada tahun 2008 hanya sebesar 2 milyar. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, H. Moh. Rais mengatakan, selain anggaran dana DAK memperoleh suntikan dana melalui APBN, juga mendapat dana sharing APBD Pemerintah Kabupaten Sumenep 2009 sebesar 1 milyar lebih, sehingga total alokasi dana DAK mencapai 19 milyar lebih.

Pihaknya merencanakan memanfaatkan anggaran dana itu untuk pembangunan dan rehab ratusan ruang kelas, baik ruang kelas rusak berat maupun pembangunan ruang kelas baru.

"Target anggaran dana DAK 2009 khusus untuk pembagunan dan rehabilitasi sebanyak 292 ruang kelas yang tersebar di 102 lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar (SD). Perinciannya, sebanyak 256 ruang kelas rusak berat dan sebanyak 36 ruang kelas untuk pembangunan ruang kelas baru," tegasnya.

H. Moh. Rais menyatakan, masing-masing kegiatan program DAK, baik pembangunan dan rehab ruang kelas, biayanya sebesar Rp. 70 juta, dan anggaran itu termasuk anggaran dana meubeler. Pihaknya berharap pelaksana DAK bekerja secara professional, bahkan mengacu pada petunjuk dan ketentuan yang berlaku, sehingga program DAK di lembaganya tidak bermasalah.

(source : http://www.sumenep.go.id/main.php?go=berita&xkd=10475)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar