Senin, 24 Mei 2010

Saudara yang Lama Hilang Kini Kembali Berkat Twitter

Mungkin telah banyak cerita bagaimana seseorang mendapatkan inspirasi atau sumber berita dari situs mikro blogging Twitter. Tapi bagaimana kalau menemukan saudara yang sudah lama hilang? Nah kisah inilah yang terjadi pada Matius Keys, seorang produser berita online KTXL FOX40 di Sacramneto, California.

"Aku selalu rutin memeriksa email, Twitter dan Facebook sebelum tidur hanya untuk berjaga-jaga agar aku tak kelewatan suatu berita," tutur Keys. Namun, malam itu ada yang berbeda. Keys mendapatkan sebuah Tweet dari seseorang yang cukup membuatnya tersentak. "Hei, apakah nama ibumu Jackie?," tulis seorang pria bernama Adam Smith. Walau kaget, Keys yang melihat foto profile Smith merasa ia mempunyai hubungan keluarga dengannya.

"Dia mulai bercerita kepadaku tentang masa kecil, sesuatu yang tidak semua orang tahu," jelas Keys. "Aku memberinya nomor ponselku dan memintanya menghubungiku. Setelah beberapa saat berbicara dengannya, semuanya menjadi semakin jelas bahwa kami memang bersaudara. Begitu banyak yang kami bicarakan, sampai aku harus meminta cuti dikeesokan harinya hanya untuk tidur," tambahnya. Lalu bagaimana Smith tahu bahwa Keys adalah saudaranya? Rupanya beberapa tahun yang lalu, ibunya bercerita padanya bahwa ayahnya mempunyai beberapa anak lain. Salah satunya adalah Keys. "Kemudian Adam menanyakan pada ibunya dan ayah kami tentang aku dan itulah yang membuatnya bertanya padaku tentang ibu kandungku dalam Twitter," tutur Keys.

Menurut Smith, mereka memiliki saudara kandung lain di luar sana yang menunggu untuk ditemukan. Mereka berharap semuanya memiliki Twitter agar lebih mudah dicari. Sebagai prosedur berita online, Keys tahu betul kekuatan sebuah media sosial.

"Setelah menceritakan kisah kami di Facebook, kami dikirimi banyak email dan posting di wall tentang kisah yang sama seperti orang lain alami. Ini sangat menyentuh. Alasan saya menggunakan Twitter dan Facebook adalah keduanya merupakan senjata ampuh untuk menjangkau pemirsa televisi, berinteraksi, merespon pujian, mengutarakan keprihatinan dan cerita pribadi seperti kisah kami," tutup Keys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar