Sabtu, 24 Oktober 2009

TUKERAN LINK YANG CURANG

Tukeran Link Yang Curang, rel=nofollow

Sahabat blogger atau yang biasa berkunjung keblog saya ini, istilah tukeran link (link exchange) mungkin sudah tak asing lagi. Tukeran link (link exchange) biasanya dilakukan untuk mencari pertemanan sehingga terjalin hubungan yang baik antara dua pemilik blog atau website sehingga keduanya saling mengunjungi blog atau website atau juga saling memberikan komentar atas artikel yang ditulis. Tapi dibalik semua itu tujuan utama orang melakukan tukeran link adalah untuk mencari backlink yang kuat sehingga dalam SERP google bisa masuk dalam posisi 10 besar selain itu bisa meningkatkan nilai page rank.

Tetapi itu semua untuk memperoleh backlink google akan sia-sia jika kita bertukeran link dengan para blogger atau pemilik website yang curang. Maksudnya curang yang pasti bukan game cheats atau pc cheats atau cheat code? Begini ketika mereka memasang link blog atau website kita di tempatnya, mereka menambahkan rel="nofollow" atau rel="external nofollow".

Mungkin ada sebagian dari anda yang belum mengerti istilah dengan dofollow atau nofollow. Jika link kita tidak dipasangi nofollow maka link tersebut akan di crawler oleh search engine dan dianggap sebagai backlink yang bisa meningkatkan SERP atau Page Rank Google.

Baru –baru juga sebelum saya menulis artikel ini ada juga orang yang mengajak tukeran link dengan saya dan saya cek di website-nya ternyata dia menambahkan rel nofollow untuk semua orang yang bertukeran link dengannya. Saya tetap pasang linknya di blog saya tetapi saya mengharapkannya untuk merubah rel nofollownya jadi do follow, namun jika lama tidak direspon ya lebih baik nantinya saya hapus saja. Namun ternyata yang bersangkutan meresponnya dan menghapus rel no follow, tetapi saya harus hati-hati siapa tahu nantinya dirubah lagi .. he…he. Sebagai contoh beberapa link di websitenya yang dipasangi rel nofollow,dengan melihat penulisan kodenya:

<p><a href='http://jengpeniimoet.blogspot.com/' target='new' rel='noffolow'>jengpeniimoet</a></p>

<p><a href='http://www.jmdesign.co.cc/' target='new' rel='noffolow'>jmdesign</a></p>

<p><a href='http://jonk-katropolis.blogspot.com/' target='new' rel='noffolow'>jonk katropolis</a></p>

<p><a href='http://josstronik.blogspot.com/' target='new' rel='noffolow'>josstronik</a></p>

Yang saya bold itu adalah link blog saya yang dipasangi rel nofollow, tetapi yang bersangkutan sengaja menulis rel="noffolow" karena baru diajak tukeran link sehingga jika anda menggunakan alat mengecek do follow menggunakan addon Mozilla Nodofollow1.1 tidak akan kelihatan dihighlight berwarna pink sebagai tanda nofollow tetap tetap berwarna ungu yang menyatakan do follow.Namun untuk link yang sudah lama pemiliknya memasang nofollow. Ini suatu hal yang cerdik dan sangat licik bukan?

Sebenarnya sangat gampang sekali untuk melihat apakah link kita dipasangi rel nofollow atau tidak, jika anda pengguna browser Mozilla tinggal buka menu Tampilan (View) klik Kode Sumber Halaman (Source Code) setelah itu lihat kode link blog anda. Untuk membantu mencarinya bisa menggunakan Ubah (Change) lalu Cari(Find) lalu masukkan alamat link anda. Lalu perhatikan link tersebut apakah terpasang rel="nofollow" atau rel="external nofollow". Untuk pengguna browser yang lain caranya kurang lebih hampir sama.

Tentunya ini akan merugikan orang yang melakukan tukeran link dengannya sedangkan link-nya tidak dipasangi rel nofollow. Saya juga akan mengecek semua link saya yang ada di blogroll yang melakukan tukeran link dengan blog saya, serta nantinya jika ditemukan yang bersangkutan memasangi rel nofollow dengan link saya maka saya akan hapus dari blogroll karena tukeran link tersebut harus didasari dengan iktikad yang baik bukan mau untung sendiri bukan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar