Senin, 02 Maret 2009

APA ARTI NILAI ALEXA RANK

Apa sih Arti Nilai Alexa Rank itu ? Alexa rank adalah sebuah peringkat popularitas sebuah situs/blog yang dikeluarkan oleh alexa yang mempertimbangkan pada banyaknya jumlah kunjungan (reach) dan jumlah halaman (pageviews) yang dilihat pada sebuah website/blog selain itu pula browser yang dipakai pengunjung yang dipasangi toolbar alexa juga mempengaruhi perhitungannya. Semakin kecil nilai alexa rank-nya maka semakin bagus peringkat alexa-nya. Namun ini berkebalikan dengan page rank dari google yang semakin besar nilainya maka semakin baik peringkatnya. Peringkat pada google dimulai dari 0 – 10 dengan peringkat yang terendah adalah yang mempunyai page rank 0 dan yang tertinggi adalah yang ber-page rank 10. Namun untuk alexa rank, peringkat yang tertinggi adalah yang nilai alexa rank-nya bernilai 1. Jadi peringkat pada alexa rank ini seperti peringkat pada waktu kita sekolah dulu. Peringkat yang terbaik tentunya yang no 1.

Dengan menganalogikan seperti peringkat disekolah tersebut maka nilai alexa rank mempunyai peringkat yang bersifat unik tidak seperti google, karena nilai alexa rank diurut dari no 1 sampai seterusnya bisa sampai jutaan. Jadi tidak mungkin sebuah blog atau website mempunyai nilai alexa rank yang sama pada waktu yang bersamaan.

Mungkin banyak dari para blogger yang memasang widget dari alexa ini untuk mengetahui seberapa populer blognya di mata alexa. Tetapi jangan kaget untuk para blogger yang baru membuat blog menggunakan blogger lalu memasang widget dari alexa ini akan mendapatkan nilai alexa rank-nya menjadi 9. Anda jangan berpikir dulu bahwa anda berada di peringkat ke- 9 dari sekian blog/website yang menggunakan widget alexa ini. Gini ceritanya, Alexa ranking 9 itu milik domain blogger. Kalau kamu baru pasang atau blognya memang lagi baru maka alexa rank- nya masih belum terdeteksi, nah nanti saat update berikutnya maka nilai alexa rank aslinya baru bisa kelihatan.

Dari mana Alexa mengetahui Jumlah trafik atau kunjungan di blog kita?

Alexa mengetahui traffic atau kunjungan pada blog kita bersumber dari toolbar alexa yang terpasang pada jutaan komputer pengguna internet yang dipasang pada browsernya. Dengan terpasangnya alexa toolbar pada browser yang kita pakai, maka alexa.com akan mengetahui berapakah jumlah pengunjung serta page view (jumlah halaman yang di lihat) pada website atau blog. Setelah semua data terkumpul maka alexa secara otomatis akan membuat ranking atau peringkat pada website atau blog tersebut.

Kapan pihak alexa akan mengupdate nilai alexa rank sebuah situs ?

Kalau tidak salah pihak alexa ini akan mengumpulkan catatan informasi selama 3 bulan tentang traffik sebuah situs mengenai jumlah kunjungan (reach) dan jumlah halaman yang dilihat (page views) setiap harinya yang telah dikunjungi oleh para pengguna internet yang memasang toolbar alexa pada browsernya, baru setelah itu alexa membuat peringkatnya. Jadi setiap 3 bulan sekali pasti kita bisa melihat perubahan nilai alexa rank-nya apakah akan naik atau turun nilainya.

Seberapa Pentingnya Nilai Alexa rank atau Peringkat Alexa tersebut ?

Penting tidaknya sebuah nilai alexa rank tersebut bergantung pada masing-masing individu. Jika seseorang membuat blog dengan tujuan untuk mencari uang di internet,
alexa rank atau peringkat alexa sangat penting sekali. Kenapa bisa? Karena lahan mencari uang di internet seperti Sponsored Review, Blogsvertise serta web-web penghasil uang lainnya menjadikan alexa rank sebagai tolok ukur. Semakin bagus alexa rank yang anda miliki, maka semakin banyak pula para pemasang iklan atau adverstiser yang mau memasang iklan di blog anda, tentunya ini akan meningkatkan penghasilan tambahan buat anda untuk meraih dollar.

Lalu bagaimana caranya memasang toolbar dan widget alexa rank silahkan tunggu postingan saya berikutnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya (Related Post)

<:: Search Engine Result Page (SERP) ::>

<:: 20 Rahasia Google Telah Terungkap ::>

<:: Hasil Penelusuran Google.co id dan Google.com Tidak Sama ::>

<:: Menampilkan SERP Google Lebih Dari 10 Hasil Pencarian ::>

<:: Cara Mengecek Jumlah Backlink Google ::>

<:: Cara Tercepat Menerjemahkan Web Bahasa Inggris Ke Indonesia ::>

<:: Cara Mengecek Posisi Urutan Blog atau Web di Google ::>

<:: Apa itu Blog Do Follow atau No Follow ::>

<:: Cara Mengecek Blog Do Follow Secara Manual ::>

<:: Cara Mengecek Bog Do Follow Menggunakan add on Mozilla ::>

<:: Cara Pasang Alexa Rank Di Blog ::>

<:: Pasang Sparky Untuk Mengetahui Alexa Rank Blog/Website ::>

<:: Cara Tercepat Melihat Alexa Rank Blog atau Website ::>

<:: Cara Mendapatkan Alexa Rank Di Bawah 1 Juta ::>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar